News

SEBANYAK 20 ORANG PENGGIAT KOPI AKAN IKUTI PELATIHAN

Enrekang - Sebanyak 20 pegiat kopi asal Kabupaten Enrekang bakal menimba ilmu di Lembang, Bandung, 4 September mendatang. Mereka berasal dari berbagai profesi yang kerap bersentuhan dengan Kopi Kalosi Enrekang.

Ketua usaha Gallery Anging Mammiri, Abdul Rahim menjelaskan, program itu merupakan kerja sama kelembagaannya dengan pihak Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja (BBPPK) dan Perluasan Kesempatan Kerja (PKK) dari Kementerian Tenaga Kerja RI.
 
Pihak BBPK menjembatani keterampilan usaha bagi dengan para calon barista itu untuk memperdalam ilmu tentang pengolahan kopi arabika. Mulai dari budidaya tanaman kopi hingga pengolahan pasca panen, atau biasa disebut panen-olah-jual.
 
"Hanya ada dua kabupaten atau kota yang dapat jatah dari Kemnaker, yakni Enrekang dan Parepare. Mereka akan digodok dalam satu kelas khusus di Bandung," terangnya, Rabu (30/8/2017).
 
Rahim pun merincikan, ada sekira tujuh peserta dari kelompok tani maupun kelompok wanita tani (KWT) dan 13 pemilik kedai kopi, warkop, atau coffeeshop Enrekang. Mereka bakal digodok selama sepekan oleh para pakarnya.
 
Istimewanya, kata Rahim, biaya perjalanan ke pelatihan tersebut ditanggung langsung oleh pihak BBPPK dan PKK Kemnaker. Para peserta tidak bakal dibebani biaya akomodasi maupun transportasi menuju lokasi pelatihan.
 
"Karena ini ditanggung semua sama pemerintah lewat APBN, jadi para peserta harus benar-benar serius mendalami ilmu dan wawasan baru itu. Semoga bisa diterapkan untuk lebih memperkenalkan Kopi Arabika Kalosi Enrekang," harap pemilik Mountain Cafe dan Coffee Clinic Enrekang ini. (pitstop_978)